Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 01 April 2016

Apa itu TripAdvisor?


TripAdvisor adalah situs wisata terbesar di dunia yang membantu wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata mereka selain itu TripAdvisor dapat  memberikan rekomendasi tentang hotel, resort, penginapan, liburan, paket perjalanan, pemandu perjalanan, penerbangan, penyewaan tempat berlibur dan banyak lagi lainnya. TripAdvisor merupakan bagian dari TripAdvisor Media Group yang dimiliki dan dioperasikan oleh Trip Advisor LLC yang menawarkan saran dari jutaan wisatawan serta berbagai pilihan dan fitur perencanaan wisata dengan link cepat ke alat bantu pemesanan yang memeriksa ratusan situs web untuk mencari harga hotel dan penerbangan terbaik. Situs web TripAdvisor merupakan komunitas wisata terbesar di dunia yang menjangkau 350 juta pengunjung setiap bulannya, serta menampilkan lebih dari 320 juta ulasan dan opini tentang 6,2 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata. Situs ini beroperasi di 48 negara di seluruh dunia. Tripavsior memiliki lambang burung hantu dengan mata merah dan hijau, burung hantu melambangkan TripAdvisor mampu melihat ke segala tempat dengan kemampuan penglihatannya yang tajam serta gerak kepala yang luas dan warna merah serta hijau pada matanya sebagai simbol kemana wisatawan pergi (hijau) dan tidak pergi (merah).
TripAdvisor didirikan oleh Stephen Kaufer dan Langley Steinert. Steve, mendirikan TripAdvisor Inc pada bulan Februari 2000 dan menjabat sebagai Chief Executive Officer serta Presiden Direktur sejak Februari 2000. Dia telah membangun Media Group TripAdvisor yang terdiri dari 19 brand penyedia layanan perjalanan terkenal dan telah memperluas merek TripAdvisor ke 30 negara, termasuk Perancis, Jerman, Yunani, Italia, India, Jepang, Rusia, Spanyol, Inggris, Indonesia, Argentina, Taiwan, Malaysia, dan Mesir. Ia juga menjabar sebagai penasehat dari CarGurus LLC situs jual beli mobil dan WeddingBook situs perencanaan pernikahan. Kaufer memegang gelar BSc ( Bachelor of Scinece) di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Harvard dan  memegang beberapa paten perangkat lunak dan telah menjadi pembicara di puluhan konferensi teknologi tinggi di seluruh dunia. Dia adalah pemenang 2005 Ernst & Young Entrepreneur of the Year Award. Menurut Steve alasan mengapa TripAdvisor diperlukan adalah untuk menjadi pemandu atau penasehat wisatawan yang akan merencanakan perjalanannya, dengan adanya ulasan dari wisatawan sebelumnya maka wisatawan yang akan berkunjung dapat mempersiapkan perjalanan mereka secara lebih matang dan mendapatkan rekomendasi dari kegiatan perjalanan yang mereka lakukan.
Langley Steinert merupakan pendiri dan CEO CarGurus LLC, Steinert adalah Venture Partner dari OneLiberty Ventures. Ia menjabat sebagai Wakil Presiden Pemasaran & Pengembangan Bisnis dari Viaweb Inc. Sebelum Viaweb, dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden dan General Manager dari Papyrus. Dia telah memegang berbagai peran manajemen produk di Lotus Development Corp dan JetForm Corp. Langley Steinert merupakan wakil pendiri TripAdvisor Inc pada tahun 2000 serta menjabat sebagai Ketua. Dia menjabat sebagai Direktur DigitalAdvisor LLC. Ia menjabat sebagai Direktur Contact Networks Corporation sejak tanggal 21 Maret 2005. Mr. Steinert memiliki gelar MBA dari Amos Tuck School of Business Administration di Dartmouth College dan BA dari Georgetown University.
TripAdvisor didirikan pada Februari 2000 di Needham, Massachusetts, Amerika Serikat. Pada awalnya TripAdvisor merupakan sebuah situs B2B (business to business) yang tujuannya adalah untuk mempertemukan produsen dengan produsen bukan produsen dengan konsumen, seiring berjalannya waktu situs ini dimanfaatkan oleh para komunitas traveller untuk berbagi pengalaman mereka dari situlah TripAdvisor berubah menjadi review site untuk pariwisata. Berikut adalah kronologi singkat perjalanan TripAdvisor
a.    Februari 2000
TripAdvisor didirikan di sebuah kantor kecil di atas toko pizza bernama Kosta’s di Needham, Massachusetts, Amerika Serikat
b.    Februari 2001
Postingan pertama tentang review wisatawan yang di posting di TripAdvisor
c.    November 2002
Diluncurkannya indeks popularitas dimana ranking dari properti atau destinasi tergantung dari feedback wisatawan, ukuran yang digunakan untuk menentukan rating wisatawan adalah gelembung “bubbles” bukan bintang “star”. Review yang diberikan pertama kali adalah untuk Captain’s House Inn dengan 4 bubbles
d.   Juni 2004
Untuk pertama kalinya restaurant dimasukan kedalam daftar TripAdvisor
e.    September 2004
Forum TripAdvisor diciptakan untuk membantu wisatawan mendapatkan saran ataupun nasehat dari wisatawan lainnya
f.     Juni 2007
Jumlah review dan opini yang telah diposting di TripAdvisor mencapai 10 juta review dan opini
g.    Februari 2009
Fitur pencarian penerbangan dimasukan kedalam daftar TripAdvisor
h.    Maret 2009
Persewaan rumah untuk liburan dimasukan kedalam daftar TripAdvisor
i.      Mei 2010
TripAdvisor memperkenalkan versi app nya di vendor apple (iphone)
j.      Desember 2010
TripAdvisor bekerjasama dengan Facebook untuk dapat memberikan review ataupun ulasan dari teman yang terhubung di Facebook
k.    Maret 2013
TripAdvisor berhasil mencapai 100 juta ulasan dan saran
l.      Juni 2013
Munculnya komparasi harga hotel untuk memudahkan wisatawan dalam menemukan harga termurah
m.  Juni 2014
TripAdvisor memperkenalkan instant booking untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata mereka
n.    September 2014
Lebih dari 300 juta pengunjung mengunjungi situs TripAdvisor setiap bulannya di seluruh dunia
o.    Desember 2014
TripAdvisor meraih 200 juta review dan opinion (ulasan dan opini)

DAFTAR PUSTAKA




9 komentar:

  1. meskipun blogspot, namun isinya berkualitas.
    Mencantumkan daftar pustakanya

    Sangat berkualitas.
    Pertahankan dan tingkatkan.

    BalasHapus
  2. Tolong kasih tau bagaimana cara untuk mendaftar di tripadvisor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk pendaftarannya saya kurang tahu

      Hapus
  3. Saya mau bloger saya dapat di baca oleh seluruh dunia

    BalasHapus
  4. Enjoy your trip in Bali with Us
    Driver Bali Tour driver service
    Ayoo yang mau datang ke Bali contact saya +6287860585990
    Putu dodick Bali driver

    BalasHapus
  5. Mantap informasinya berkelas bro... meskipun begitu aku suka. Ini aku juga belajar tripadvisor untuk bisnis ini bro tourgaruda Sewa Motor Malang

    BalasHapus
  6. Salah satu hotel yang terbaik di Singapore dan sangat recommended

    BalasHapus

Baca Juga:

Definisi MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition)

MICE Kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Indonesia saat ini menjadi salah satu fokus utama dari pemerint...

Bagaimana kesan anda terhadap isi dari blog ini?